Minggu, 12 April 2020

MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU

Belajar Menulis Gelombang 9

Pertemuan 2          : Sabtu,  11 April 2020

Waktu                    : 

Pemateri                : Wijaya Kusumah

Topik                     : Meluruskan Niat Menerbitkan Buku

Peresume               : Ganis Wihandono, S.Pd
                                ( pakganis1922@gmail.com )


Meluruskan Niat Menerbitkan Buku

Materi pertemuan ke dua disampaikan oleh Bapak Wijaya Kusuma yang panggilan akrabnya sering disapa dengan Om Jay beliau banyak mengikuti ajang lomba menulis sehingga banyak prestasi yang disandangnya, antara lain ;
1. Juara 1 LKT imtak ( 2005 )
2. Finalis PLB  ( 2006 )
3. Finalis  IT     ( 2007 )
4. Finalis LKGDP  ( 2008 )
5. Pemenang 1 Buku PUSBUK  ( 2009 )
6. Juara 1 Blog Pusat Bahasa  ( 2009 )
7. Pemakalah Simposium  ( 2010 / 2011 )
8. Juara II Guraru Acer Award  ( 2011 )
9. Guru Paling Ngeblog Kompasiana  ( 2012 )
10. Terpavorit III BSM Edu Award    ( 2012 )
11. Juara II Lomba Pidato Nasional OJK  ( 2013 )

Pekerjaan tetapnya sebagai Guru TIK dan Dosen STMK Muh. Jakarta

                Pada awal materi om jay memberikan rekaman yang isinya memberikan arahan untuk melihat slade yang telah dikirim lewat WA grup dan mempersilahkan bagi yang ingin bertanya melalui chat Om Jay.
Pertanyaan yang pertama muncul tentang pembuatan buku dimana pembuatan buku diserahkan kepada para peserta untuk mengali sesuai dengan yang dikuasai.Tetapi yang wajib adalah membuat buku dari hasi resume para peserta pelatihan. Karena dengan membuat resume dari materi yang disampaikan oleh para narasumber ilmu itu akan terikat dan dapat diposting di blog agar banyak orang yang membaca karya kita di internet. Materi yang diberikan oleh para narasumber akan bagus sekali bila dibagikan kepada guru-guru yang belum sempat mengikuti program belajar menulis gratis dari PGRI. Kita bisa berbagi ilmu dan pengalaman dalam bentuk tulisan. Sebaik baik manusia adalah yang yang mau belajar dan mengajar. Satu lagi kolaborasi antar peserta  juga sangat diperlukan kita tidak hanya mementingkan diri sendiri tapi juga mengajak peserta lain yang kesulitan untuk menulis  menjadi terbantu untuk menerbitkan buku.
               Kurang banyak membaca membuat tulisan kita kurang berkualitas dan dibelajar menulis inilah kita  ditantang untuk berlatih menulis. Kita belajar bersama untuk menerbitkan buku. Narasumber yang baik hati telah memberikan semua ilmunya kepada kita dan disinilah kita perlu meluruskan niat menerbitkan buku. Niat harus betul - betul mencari ilmu karena Aloh bukan untuk mengejar sertifikat karena kalau niat kita karena Aloh In Sya Aloh akan memberikan kita manfaat,berkah dan barokah, itulah pesan Om Jay kepada para peserta pelatihan menulis gratis.
              Satu lagi dalam mebuat buku kita harus mampu mengembangkan kreatifitas dan imajinasi, saat kita menulis usahakan jangan copy paste tulisan orang lain. Sehingga apapun yang kita tuliskan menghasilkan informasi baru bagi pembaca. Buatlah setiap pertemuan kuliah online kita bermakna dan membuat kita menemukan ide segar dalam menulis.
             Itulah sekelumit materi ke dua yang dapat saya rangkum,

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

BTemplates.com